Thursday, May 31, 2018

logoblog

Pengenalan dan Struktur Bahasa C

Pengenalan dan Struktur Bahasa C - Dimateri pertama Belajar Bahasa C.kita akan memulai dengan Pengenalan dan Struktur Bahasa C terlebih dahulu.

Kita mulai dengan pertanyaan paling sederhana, Kenapa kita harus belajar bahasa C ? Bahasa C adalah bahasa yang mengawali adanya dan perkembangan bahasa pemrograman tingkat tinggi pada era sekarang. Jadi, perbedaan bahasa C dan bahasa lainnya pada umumnya tidak jauh berbeda. Baik, pada sesi Sintaks, dan sisi deployment nya, mungkin pada sisi Struktur dan bagaimana mencetak output-nya akan sedikit berbeda. Jadi, jika teman-teman belajar bahasa C dan berhasil menguasainya, nanti teman-teman akan terbiasa dan cepat beradaptasi dengan bahasa pemrograman lainnya.

Dan alasan yang kedua adalah, bahasa C ini bersifat multiplatfrom atau crossplatform dalam sisi deployment nya. Jadi, teman-teman yang ingin membuat sebuah aplikasi yang bersifat multiplatform, teman-teman bisa pake bahasa C. Dari tadi kok multiplatform terus sih, apa sih multiplatform itu ? Multiplatform adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan di macam-macam sistem operasi.

Teman-teman gak usah ragu untuk belajar bahasa C sebagai permulaan belajar bahasa pemrograman. Gak ada ruginya kita belajar bahasa C, selain kita dapat membuat sebuah aplikasi multiplatform dan dapat dengan mudah belajar bahasa lainnya. Dan di Sekolah atau di Institusi lainnya masih ada yang menggunakan nya. Contohnya ya, sekolah saya :-D.

1). Struktur Bahasa C

Bahasa C sendiri memiliki Struktur yang relatif mudah dicerna :v dan menurut saya lebih mudah dihafal oleh pemula dari pada bahasa Java.

Struktur Bahasa C sendiri adalah seperti pada gambar berikut :

https://www.oemampedia.com/2018/05/pengenalan-dan-struktur-bahasa-c.html

1). Header

Di bagian yang saya beri komentar (tulisan berwarna biru) betuliskan Header, anda akan melihat sebuah perintah #include<stdio.h> .

Mas, saya pernah diajarin sedikit sama guru saya, disini kok pake <stdio.h> bukannya <conio.h> ? iya, itu juga benar. Tapi tahukah kamu, setiap file Header itu memiliki fitur tambahan yang berbeda. Seperti, <math.h> . Jika kita gunakan pada file bahasa C kita, kita akan dapat menggunakan fitur atau fungsi tambahan matematika. Misal fungsi sqrt() sama dengan akar , karena tidak ada karakter pada keyboard yang dapat menggambarkan akar.

lebih lengkap tentang file header bisa klik [link ini]

Sedangkan #include sendiri adalah perintah yang digunakan untuk mengakses file header guna menambah fitur atau fungsi tambahan yang ada pada bahasa C itu sendiri.



2).Fungsi

Terdapat dua fungsi yang ada pada gambar diatas. Yaitu, fungsi tambahan dan fungsi utama.

Pada fungsi tambahan anda dapat menentukan properti atau metode yang dapat anda gunakan berkali-kali. Teman-teman dapat menggunakan fungsi tambahan sebagai pengoperasian suatu proses jika proses itu ingin teman-teman gunakan lagi, kegunaan fungsi tambahan adalah memudahkan teman-teman dalam pembuatan script.

lebih lengkap tentang fungsi pada bahasa C bisa klik [link ini]

Lalu, ada juga yang bernama fungsi utama. Di fungsi utama lah semua kode dieksekusi dan ditampilkan.

https://www.oemampedia.com/2018/05/pengenalan-dan-struktur-bahasa-c.html

Tambahan

Pada gambar diatas, ada tulisan yang berwarna biru, yang diawali dengan // atau /**/ . Itu adalah sebuah komentar pada bahasa C, komentar sendiri adalah berfungsi sebagai petunjuk bagi seorang programmer atau catatan dan komentar tidak akan ditampilkan pada kode kita setelah dijalankan.

Selama Belajar saya sarankan untuk menggunakan Sistem Operasi Linux. Jika tidak ya tidak masalah, mungkin ada sedikit perbedaan penulisan dengan aplikasi di windows.

List Belajar Selanjutnya :

#2. Jenis dan Fungsi File Header pada Bahasa C
#3. Variabel dan Perintah Dasar Bahasa C
#4. Fungsi pada Bahasa C
#5. Pointer pada Bahasa C